Langsung ke konten utama

Gunung Prau, Dieng - Wonosobo

Udah luamaaa banget pengen bikin blogwalking, dari awal ngeblog. Cumannn ya terhalang si malas...
Sekarang mariii dicobaa menulis blogwalking lagii, xixixi...

2 Agustus 2014
Berasal dari obrolan grup wasap yang berencana rafting dan akhirnya terealisasi 29 Mei 2014 ternyata engga berenti sampe disitu, grup masih berlanjut dan mulai merencanakan next trip.
Dan next trip adalah Dieng. Awalnya mau ke acara Dieng Culture Festival akhir Agustus ini, cuman entah gimana ceritanya tujuan berubah jadi tracking Gunung Prau.
Setelah perdebatan tentang ini itu, yang fix bisa ikut cuma ber7, aku, Farah sepupu aku, Epas, Akbar, Cui, Wuyung, Irwan temennya Epas.
Waktu dibuatin itinerary si jadwal keberangkatan jam 14.00 waktu Indonesia, jadi yaa jam4 baru cus dari Purbalingga.

Agung yang amat sangat baik hati bersedia jadi guide dia, dia juga udah pernah naik ke Prau. Agung yang jemput kita (fyi : posisi Agung waktu itu ada di Banjar, rela muter balik ke Purbalingga buat jemput kita ber5)
Iyapss jadi kita b5 berangkat dari Purbalingga, meeting point di Masjid Agung Wonosobo sama Epas+temennya.
Epas start setengah 3 dari Semarang. Jam 5 ngabarin kalo dia udah sampe Wonosobo, dan kami rombongan Purbalingga baru sampai Banjarnegara, enggg iii enggg...
Kali ini roda berputar, Epas yang biasanya terkenal ngaret gantian jadi nungguin kita.
Setengah7 kami sampai di Masjid Agung Wonosobo, shalat, makan, nitipin motor Epas ke Kodim terus cusss...
Ohiya ada yang kelewat, sempet shock terapi karena stok tenda di penyewaan yang biasanya abis itu kira-kira 30menit sebelum jemputan sampe. Langsung heboh deh aku, karena aku itu amat sangat well prepare, rada cemas juga denger kabar itu.
Coba hubungin temen-temen yang biasa tracking, tapi susahnyaa minta ampun. Alhamdulillah Akbar googling info dan dapet deh. Lokasinya di Jl. Pandawa sebelah Indomaret Dieng. Tapi kita ga kebagian kompor, padahal udah belanja pop mie lumayan banyak, gembling aja deh nanti gimana diatas. Apes-apesnya ya makan mie kering, xixixi, anak gunung po rakkk...
Perjalanan ke Dieng disambut gerimis yang lama-lama semakin gede, wahhh terancam gagal tracking. Alhamdulillah sampe Dieng, gerimisnya reda.
Dengan kerempongan si Akbar akhirnya nemu juga tempat yang nyewain tenda. Total kami pinjem 2 dome, 6matras, 7sleeping bag, 2 carrier jumbo (sayangnya gada fotonya  )
Istimewa bangettt ternyata, guede sekaliii 2tas berisi peralatan ini. Untungnyaaa Epas+temennya yang notabene “pemakai baju doreng” biasa hidup di hutan dengan bawaan segaban jadi dengan sukarela mereka yang bawa tas gede itu. Tengsooo...
Kita menuju basecamp dulu buat prepare, lapor diri dan kita bayar RP 150.000 untuk 7orang.
Setelah ready, kita berdoa dan let’s go...
Agung nganter kita sampe gerbang masuk jalannya terus dia capcus ke Banjar, besok pagi dia jemput kita lagi. Padahal udah kita bujuk biar ikut tracking biar dia ga bolak-balik, tapi gamau.  Baik hati sekali sahabat kita yang satu itu...

Kurang lebih jam 21.15 WIB kita start. Perjalanan dimulai dengan melintasi pemukiman, suepiii banget. Tenang, ga akan nyasar karena kalian bisa tanya penduduk sekitar.
Kami lewat jalan normal, walopun lenih jauh tapi medannya bersahabat.
Gelap, dingin, jalanan naik, dan seikit gerimis, paket komplit...
Dari awal Epas udah wanti-wanti, kalo ada yang ga kuat, ngomong aja jangan malu, tujuan kita bukan nyampe puncak.
Kira-kira belom ada setengah perjalanan, Farah udah mulai ngos-ngosan, sebenernya aku juga si, cuma masih bisa aku tahan, akhirnya kt memutuskan istirahat...
Ribet kali ya negliat aku+Farah yang baru jalan dikit berenti, jalan dikit berenti istirahat, akhirnya tas gendong Farah dibawain sama Epas. Without beban aja Farah masih ngos-ngosan, kurang olahraga emang hidupnya -,-‘ ehhh ketambah tragedi senter yang aku bawa mati, yasyudaaa semakin terhambat perjalanan kami. Aku saranin untuk bawa headlamp kalo mau tracking, amat sangat membantu dibanding senter biasa.

Selama tracking, cuma satu yang ada dipikiran aku “Aku gamau lagi tracking!”
Walopun aku termasuk cewe tomboy yang hobi travelling begini, tapi perjalanan kali ini istimewa banget. Gendong tas carrier (kecil si, tapi ternyata berat juga) menempuh jarak 2.565 MDPL dengan modal nekat, iyes nekat karena persiapannya minim banget.
Entah kenapa trip kali ini aku yang biasanya well prepare malah santaii banget! H-1 aku baru siap-siap, bekal makanan baru beli pas perjalanan ke Wonosobo. Bismillah lancar, gitu sii sugesti aku...
Dan bener aja, baru sampai pos 1 (kira-kira 25% perjalanan, rasanya cuapeee banget) pengen balik aja rasanya, tapi bukan Ayud namanya kalo menyerah ditengah jalan. Sepanjang jalan kasih sugesti “aku bisa, aku bisa” dan tiap cape minta berhenti. Alhamdulillah pergi sama great team, yang selalu nanya apa aku+Farah baik-baik aja, tengkyu team.
Mulai dari pos 2, medan mulai tidak bersahabat, jalan tanah setapak yang kadang kemiringannya  45°, karena abis hujan bisa dipastikan jalanan licin ada lagi jalan sempit terjal, berbatu. Istimewaaa sekalii pokoknya...
Sekitar jam 01.00 kami sampai di puncak dannn ternyata diatas ruameeee bangettttt...
Alhamdulillah masih ada space kosong di puncak. Sekitar setengah 2 kita selese mendirikan tenda, bersih-bersih dan makan (satu nasi putih porsi besar+kering kentang+ayam 3potong diserbu orang 7) tentunya masih kuranggg kenyang, alhasil cemalcemil snack deh. Aku yang biasanya makan cokelat itu lama eh pas di puncak makan cokelat itu kaya makan nasi, cepet banget (saking laper+rakusnya) Alhamdulillah bisa sedikit mengganjal perut..
Sebenernya langit lagi bagusss banget, bintangnya banyakkk banget dan ada beberapa orang yang nyalain kembang api, tpai berhubung dingin dan capeee banget, kami memutuskan untuk tidur.
Baru memposisikan diri untuk tidur, tiba-tiba denger ada orang yang lagi ngobrol. Ternyata itu penduduk setempat (entah polisi hutan atau orang dari basecamp) yang ngedatengin tenda di depan dome kami. Tenda itu lagi bikin api unggun. Ternyata bikin api unggun itu dilarang, walopun mereka dapet kayunya dari ranting-ranting yang jatuh. Mungkin karena Gunung Prau termasuk objek wisata, jadi aturan yang ada sedikit ketat. Kalo semua orang ngambilin ranting, bisa-bisa gundul hutannya. Dan yang kena efeknya itu warga dibawah gunung, bukan kami para pendaki. Kira-kira begitu pidatonya si bapak. Alhasil sekelompok orang itu disuruh menyerahkan kartu identitas, besok pagi bisa diambil di basecamp, setelah itu gatau deh gimana kelanjutannya.
Aku udah stel alarm setengah5 karena takut kesiangan liat sunrise, eh ternyata sebelum setengah5 udah bangun. Gabisa tidur, kakinya dingin banget, padahal udah pake kaos kaki+sleepingbag. Pengen pipis, ga karuan banget rasanya, hahaha.
Mumpung masih gelap, aku sama farah buang air kecil di deket tenda, wkwkwk...
Setelah shalat subuh, niatnya mau tidur lagi karena diluar masih gelap, tapi apa daya karena dingin gabisa tidur.
Dengan terpaksa keluar tenda deh. Udah ada sedikit cahaya garis orange, ambil matras dan duduk manis liat pemandangan.
Yang lainnya sibuk jeprat jepret, aku sama farah duduk-duduk aja. Dan begitu langit rada terang, ternyata pemandangan di sekeliling kami itu mashaallah bagusnya...
Kaya lagi di negeri atas awan. Di bagian timur itu garis orange tempat si sunrise mau nongol, bagian selatan pemandangannya mirip kaya di penanjakan bromo, Gunung Sindoro Sumbing keliatan jelas dan bawahnya ketutupan awan. Bagian Utara bukit, bagian Barat jejeran bukit teletabies kumplit dengan padang bunga Daisy. Mulai tergoda deh buat jeprat jeprit view disana. Sekitar jam 06.15 matahari baruuu keliatan bundernyaaa, kaya kuningnya telur asin, emang bener-bener golden sunrise, mashaallah indahhh banget. (fyi : beberapa kali hunting sunrise di gunung, baru kali ini bisa ngedapetin sunrise).
Setelah puas jeprat jepret kami mulai packing tenda. Ohiyaa, alhamdulillah ketemu sama adek kelas kami, jadi bisa pinjem kompor buat masak air, xixixi, many thanks dek.
Setengah8 kami mulai turun. Kamera sengaja aku iket ditangan, karena ga tahan pengen moto-moto. Belom ada 10 menit jalan, engg iii enggg, terkejutlah kami akrena medan yang semalem kita lewati itu istimewa bangettt..di satu sisi jurang, satu sisi tebing dan jalanan licin.
Akbar yang selalu jalan paling depan, kali ini mulai turun keberaniannya, sepanjang jalan dia + Farah malah asik seluncur bebas with they bottom sampai-sampai kotor semua tas+celana mereka.
Pesan aku, hati-hati yya pas tracking turun, medannya susah banget. Cui sampe jatuh kepleset berapa kali.
Jam 09.00 alhamdulillah kami sampe di basecamp, lapor diri dan naik bus ke tempat penyewaan tenda, sekalian nebeng bersih-bersih badan.
Jam12.00 Agung jemput dan pulang dehhh. Ga afdol kalo ga nyoba mie ongklok, walopun antriii tapi tetep ajaaa kita brenti di Mie Ongklok Longkrang J
Setelah makan, kita anter Epas ambil motor, dan berpisah deh kamiii..
Alhamdulillah setengah4 semua sudah sampai rumah dengan selamat, dan welcome pegel-pegel.
Oiyaaa, waktu perjalanan naik, sepanjang jalan aku udah bertekad “gamau lagi tracking” ehhh sepanjang perjalanan turun, liat asiknya medan dan kerennya pemandangan, pikiranku langsung berubah “next gunung mana lagi ya?” hahahaha...
Seriouslly, i’m addicted!!!
Indonesia itu kerennnnnnnnnn banget. Itu baru Wonosobo loh, Jawa Tengah. Gimana indahnya Indonesia bagian lainnyaaa?
Pengennya si yang deket dulu, Gunung Slamet gitu, tapi worrie juga kalo pergi sama yang ga expert. Untung aja di trip kali ini ada temen yang terlatih jadi anak hutan, xixixi, alhamdulillah  banyak banget bantu waktu tracking.
Tengsooo for shortly trip great team...
What’s the next?
*for the picture will be upload in next post